LP3M Unbrah Gelar AMI Prodi Farmasi Klinis 2023

AMI Farmasi Klinis 2023

Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unbrah menggelar kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) tahun ajaran 2022-2023 Prodi Farmasi Klinis Unbrah Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) pada 11-12 Agustus 2023 bertempat di ruang sidang Rektorat Unbrah.

Dalam sambutannya Kepala LP3M Unbrah Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc. menyampaikan bahwa Audit Mutu Internal (AMI) merupakan suatu kegiatan yang sama pentingnya dengan Audit Eksternal (akreditasi).

Menurutnya AMI dilakukan untuk melihat keselarasan antara perencanaan oleh Manajemen tingkat UPPS maupun tingkat Prodi dengan realisasi pelaksanaannya. Auditor melihat kekurangan dan memberi saran peluang perbaikan untuk UPPS dan Prodi. Hasil AMI nantinya dapat dijadikan referensi oleh UPPS dalam memotivasi atau meningkatkan persiapan untuk menghadapi Akreditasi Prodi Farmasi Klinis pada tahun 2025 mendatang.

Beberapa hal yang menjadi penekanan oleh kepala LP3M adalah perlunya umpan balik kerjasama dari rumah sakit terkait pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan. Jabatan akademik dosen juga harus segera ditingkatkan agar poin penilaian yang tinggi mengenai kualifikasi jabatan akademik karena sampai saat ini guru besar di prodi Farmasi Klinis baru satu orang. Poin 4 akan didapat pada akreditasi jika guru besar 15% dari total dosen. Perlu upaya keras bagi UPPS untuk mendatangkan mahasiswa asing karena juga menjadi salah satu poin dari kriteria akreditasi. UPPS dapat memanfaatkan kerja sama UNBRAH dengan pemerintah Kamboja untuk mendapatkan mahasiswa asing.

Ka. Prodi Farmasi Klinis menyampaikan profil Prodi Farmasi Klinis

Hal lain yang menjadi arahan dari Kepala LP3M adalah IPK lulusan. Diharapkan kepada dosen yang mengajar di Prodi Farmasi Klinis untuk dapat mendidik mahasiswa dengan baik agar menghasilkan lulusan dengan IPK > 3,5 sehingga poin maksimal mengenai kriteria lulusan juga dapat dicapai. Kelulusan tepat waktu di Prodi Farmasi Klinis juga harus dapat diupayakan dengan baik agar mendapat poin maksimal juga hendaknya.

Kegiatan Audit Prodi Farmasi pada hari pertama oleh tim Auditor yang diketuai Ira Suryanis, S.ST, M. Keb. dan beranggotakan Tilawatil Ceseta Yoda, SE, M. Si dan Nirmala Sari, S. ST, M. Keb dan Hari kedua permintaan tindakan koreksi dan penandatanganan berita acara kegiatan.