Pengabdian Masyarakat dari Prodi Farmasi Klinis, Bekerjasama dengan RSI Siti Rahmah

Prodi Farmasi Klinis bekerjasama dengan RSI Siti Rahmah melakukan pengabdian masyarakat kepada pasien diabetes melitus di Poli Penyakit Dalam RSI Siti Rahmah. Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan menggangkat tema Edukasi dan Simulasi Cara Pemakaian Insulin Pen pada Pasien Diabetes Mellitus (DM) Di Poli Penyakit Dalam RSI Siti Rahmah Padang.

 

Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan dosen atas nama institusi untuk mengamalkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai di perguruan tinggi (PT) kepada masyarakat.

Tema yang dipilih dikarenakan pemberian insulin pada pasien diabetes mellitus (DM) tipe -1 merupakan keharusan karena belum ada terapi lain yang dipakai dalam mengobati DM tipe-1. Selain penderita diabetes mellitus (DM) tipe 1, yang mengalami gangguan produksi insulin, diabetes tipe 2 yang mengalami penurunan sensitifitas sel pada kondisi tertentu juga memerlukan insulin.

Insulin ada beberapa macam bentuk yang beredar dipasaran salah satunya berbentuk pen yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Masih banyak pasien yang mendapatkan terapi insulin pen ini bingung dengan cara penggunaan insulin pen tersebut, sehingga perlu dilakukan edukasi secara berkesinambungan kepada pasien. Penyuntikan insulin tidak boleh dilakukan sembarangan karena insulin hanya bisa diserap maksimal jika disuntikkan pada bagian-bagian tertentu, oleh karena itu perlu diperhatikan lokasi, cara dan waktu penyuntikan  insulin.

 

Berdasarkan uraian diatas dan melihat banyaknya pasien yang belum faham cara penggunaan insulin pen maka perlu dilakukan edukasi dan simulasi cara pemakaian insulin pen kepada pasien DM tipe-1, supaya didapatkan penggunaan insulin yang tepat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien DM tipe 1.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan di ruang tunggu poliklinik penyakit dalam RSI Siti Rahmah padang dengan memberikan edukasi berupa penyampaian materi, pemberian brosur, penggunaan alat peraga dan video cara penggunaan insulin pen kepada pasien atau keluarga pasien.