Universitas Baiturrahmah kembali melaksanakan USR V yang dilaksanakan pada tanggal 28-31 Juli 2022 di Kota Padang Panjang. Dalam kegiatan USR ini Dosen dan Mahasiswa Prodi Farmasi Klinis turut berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat dan penelitian pada kegiatan USR V kali ini yang bertema PENCEGAHAN STUNTING DAN LGBT. Beberapa kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh Prodi Farmasi Klinis pada kegiatan USR V ini antara lain pembuatan tempe dari daun singkong sebagai alternatif nutrisi dalam pencegahan stunting, pemberian multivitamin kepada anak SD dalam rangka pencegahan stunting, serta penanaman tanaman obat keluarga (TOGA).

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) MATA KULIAH PRODI FARMASI KLINIS DAPAT DIUNDUH DI: https://bit.ly/RPS-Farmasi-Klinis

Kegiatan ini diadakan oleh BPOM Sumatera Barat yang menjaring mahasiswi dan pelajar yang ada di Sumatera Barat dari 90 permintaan bakal calon duta, terpilih lah 30 peserta untuk mengikuti rangkaian acara selama beberapa hari. Dari 6 mahasiswi universitas baiturrahmah yang mengikuti seleksi terpilihlah 2 mahasiswi dari program studi farmasi klinis Sherli Putri Remadani dan Ida Murni Rangkuti .

Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Penjaminan Mutu Unbrah melaksanakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) Prodi Farmasi Klinis Fakultas Kedokteran pada Senin hingga Selasa 13 hingga 14 Juni 2022 di Gedung FK Unbrah Padang. Dalam audit ini dipimpin oleh Auditor Putri Engla Pasalina, S.ST, M.Keb dengan anggota Ira Suryanis, S.ST, M.Keb dan Howardi Viszha Adha S.E, B.BA. (Hons). M.M.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FK Unbrah dr. Rendri Bayu Hansah, Sp.PD FINASIM yang menyampaikan harapannya agar kegiatan audit dapat dilaksanakan dengan baik serta bermanfaat untuk prodi Farmasi Klinis dalam pengembangannya. Terlebih kata dekan, Prodi Farmasi Klinis saat ini tengah menyiapkan dokumen untuk menghadapi visitasi lapangan akreditasi. Tentunya kegiatan AMI ini akan bermanfaat untuk mengukur sejauh mana hasil kinerja dari prodi tersebut.

Kepala LP3M Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc melalui Sekretaris Ira Suryanis, S.ST, M.Keb mengatakan bahwa kegiatan AMI Farmasil Klinis telah memasuki siklus kedua.

Tentunya ini mengharuskan telah dilakukan perbaikan yang signifikan pada setiap kekurangan yang ditemukan auditor pada audit sebelumnya. Dalam hal ini Sekretaris menegaskan bahwasanya AMI bukanlah penghakiman tapi lebih kepada pemeriksaan pada kinerja capaian dari prodi sesuai program yang telah disusun dan direncanakan.

Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama antara pimpinan FK Unbrah, LP3M, Auditor dan Auditi dalam hal ini perangkat Prodi Farmasi Klinis.

Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Padang-Mentawai melaksanakan Kegiatan Rakorcab dan Seminar Kefarmasian pada Sabtu, 11 Juni 2022 lalu. Kegiatan yang telah terlaksana di Kyriad Hotel Bumiminang Kota Padang ini bertema “Menjadi Apoteker yang Profesional dan Responsibel Sesuai Sumpah Profesi” diikuti oleh ratusan Apoteker. Dalam kegiatan ini mahasiswa Prodi Farmasi Klinis Universitas Baiturrahmah turut berpartisipasi sebagai panitia kegiatan seminar dalam rangka mensukseskan terselenggaranya acara seminar.

Kegiatan dibuka dengan Opening Speech oleh Bapak Ketua IAI Cabang Padang Mentawai, kemudian dilanjutkan dengan Seminar bersama 3 narasumber yaitu Dra. apt. Armawati Anwar (BBPOM Padang), Dra. apt. Novita Latina (Dinas Kesehatan Kota Padang), dan Dr. Sofyan Hadi, MA, M.Hum. Dalam sesi diskusi bersama narasumber turut serta Ibu apt. Eka Desnita, M. Farm yang juga merupakan Ka.Prodi Farmasi Klinis Unbrah sebagai salah satu moderator acara seminar. Dengan terlaksananya Rakorcab dan Seminar Kefarmasian ini diharapkan kepada para Apoteker yang telah mengikuti kegiatan ini agar tetap Profesional dalam melaksanakan praktek profesi, serta dapat memaknai Sumpah Apoteker yang telah diikrarkan.

Dalam rangka untuk mencapai kompetensi dalam mata kuliah Fitokimia, Program Studi Farmasi Klinis melaksanakan praktikum di UPTD Pelayanan dan Pengembangan Minyak Atsiri (Komplek LIK Ulu Gadut Padang) pada Rabu, 8 Juni 2022. Dengan praktikum langsung di UPTD Minyak Atsiri, mahasiswa belajar dan langsung mempraktekkan bagaimana cara memperoleh minyak atsiri yang baik.  Praktikum yang telah terlaksana ini tentu menjadi pengalaman dan pelajaran berharga bagi mahasiswa karena selain dibimbing dosen, mahasiswa juga dibimbing oleh tenaga ahli yang telah berpengalaman di UPTD Pelayanan dan Pengembangan Minyak Atsiri. Kegiatan praktikum ini didampingi oleh bapak apt. Arif Ferdian, M. Farm yang merupakan dosen program studi Farmasi Klinis dibidang biologi farmasi (kimia bahan alam).

Fasilitas Laboratorium Untuk Kegiatan Praktikum dan Penelitian

Dalam menunjang dosen dan mahasiswa Program Studi Farmasi Klinis Universitas Baiturrahmah untuk mendapatkan referensi maupun literasi dalam menunjang Proses Belajar mengajar dapat digunakan Perpustakaan dan Ruang Baca.